Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ruang Kantor

A. Pengertian Tata Ruang Kantor Tata ruang kantor dapat didefinisikan sebagai pembagian ruangan pegawai di tempat yang tepat serta rancangan segala perlengkapan kantor, sehingga dapat diciptakan suasana yang nyaman untuk menunjang efisiensi kerja. Di mana penataan tersebut sekaligus dapat mempengaruhi citra perusahaan.

Apa pengertian tata ruang kantor menurut para ahli?

b. Quible dalam bukunya The Liang Gie menyatakan bahwa tata ruang kantor menjelaskan bagaimana penggunaan ruang secara efektif serta mampu memberikan kepuasan kepada pegawai terhadap pekerjaan yang dilakukan, maupun memberikan kesan yang mendalam bagi pegawai.

Jelaskan pengertian tata ruang kantor Istilah dan menurut siapa?

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor diantaranya, sebagai berikut : · Menurut Drs.The Liang Gie mengatakan “Tata Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya”.

Apa saja tata ruang kantor?

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor yang Ideal

  • Jenis Ruang Kantor Terbuka (Open Office)
  • Ruang Kantor Lanskap/Berhias (Landscape office)
  • Bentuk Ruang Kantor Bilik (Cubicle Office)
  • Tata Letak Kantor Bersama (Coworking Office Layout)
  • Bentuk Kantor Gabungan/ Hybrid (Hybrid Office)

Apa manfaat dan tujuan tata ruang kantor?

Beberapa manfaat tata ruang kantor, diantaranya bisa mendapatkan tempat kerja yang nyaman, meningkatkan produktivitas pegawai, mengantisipasi pengembangan organisasi, dapat meningkatkan kedisiplinan para pegawai dan juga alur kerja menjadi lebih jelas.

Apa saja fungsi dari tata ruang kantor?

Selain yang sudah disebutkan oleh Sukoco, berikut beberapa manfaat lain dari penataan ruang kantor.

  1. Setiap Sudut Ruangan Bisa Digunakan Secara Optimal.
  2. Menciptakan Tempat Kerja yang Nyaman. ...
  3. Meningkatkan Produktivitas Pegawai. ...
  4. Mengantisipasi Pengembangan Organisasi. ...
  5. Bisa Bekerja dengan Efektif.

Apa itu prinsip tata ruang kantor?

Lima prinsip ruang kantor adalah Ruang kantor harus mendukung alur pekerjaan yang terus menerus. Membagi ruangan berdasarkan kesamaan fungsi unit kerja. Penyederhanaan alur pekerjaan, sehingga karyawan tidak sering meninggalkan ruangan kerjanya. Penempatan peralatan kantor harus memudahkan karyawan.

Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor menurut George R Terry?

Menurut George Terry (dalam The Liang Gie, 2007:186) Tata Ruang Perkantoran adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentan penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suaut susuan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya

Apa yang dimaksud tata ruang kantor menurut The Liang Gie?

Menurut The Liang Gie (2009: 186), tata ruang perkantoran adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaan ruang secara terperinci untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya layak.

Sebutkan dan jelaskan 4 langkah langkah menyusun tata ruang kantor?

Langkah Langkah dalam Menyusun Tata Ruang Kantor

  1. Buat layout dengan ukuran skala.
  2. Pelajari jenis, proses, urutan pekerjaan yang tercakup.
  3. Tentukan letak furnitur berpedoman teknik penataan meja kerja.
  4. Pindah dan gambarkan kembali furnitur yang memenuhi prinsip tata ruang yang baik.

Bagaimana ciri ciri tata ruang kantor yang baik?

Keempat poin tersebut adalah:

  • Jarak terpendek.
  • Rangkaian kerja. ...
  • Penggunaan segenap ruangan. ...
  • Perubahan susunan tempat kerja. ...
  • Memiliki jendela. ...
  • Pemilihan warna yang tepat. ...
  • Sentuhan personal di meja kerja. ...
  • Dapat meredam kebisingan.

Mengapa kita harus menata ruang kantor?

Penataan ruang kantor sangat mendukung terciptanya efisiensi dan efektivitas pekerjaan kantor. Dengan penataan ruang yang baik diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Di samping itu, penataan ruang kantor yang baik juga mempengaruhi citra perusahaan/organisasi.

Apa tujuan dari penataan ruang?

Tujuan penataan ruang wiayah nasional mewujudkan beberapa hal, di antaranya: Ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan. Keterpaduan pemanfaatan ruang darat, laut, dan udara, termasuk ruang di dalam bumi.

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi tata ruang kantor?

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor ada 4 (empat) yaitu, penambahan atau pengurangan pegawai pada unit atau bagian bersangkutan, penambahan atau pergantian perabot atau alat-alat lainnya, perubahan terhadap proses ataupun penyelesaian suatu pekerjaan, perubahan terhadap susunan organisasi atau tugas

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam tata ruang kantor?

Jawaban:

  1. Penempatan denah ruangan.
  2. Posisi tempat duduk.
  3. Posisi panel.
  4. Memperhatikan display.
  5. Lighting yang merata dan tidak mengganggu penglihatan.

Apa pengertian tata ruang kantor menurut Ida Nuraida?

Menurut Ida Nuraida, dalam Umam (2014:157) tata ruang kantor:“adalah pengaturan ruang kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor pada luas lantai dan ruang kantor yang tersedia untuk memberikan sarana bagi pekerja”.

Apa saja kekurangan tata ruang kantor terbuka?

Kekurangan Layout Kantor Terbuka – Lebih gaduh dan berisik. – Konsentrasi karyawan akan lebih mudah terganggu. – Tidak ada privasi antar karyawan. – Lebih rawan penyebaran penyakit.

Apa struktur ruang itu?

Struktur Ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman dan sistem jaringan prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hierarkis memiliki hubungan fungsional.

Bagaimana pemanfaatan ruang?

Pemanfaatan ruang adalah upaya untuk mewujudkan struktur ruang dan pola ruang sesuai dengan rencana tata ruang melalui penyusunan dan pelaksanaan program beserta pembiayaannya.

Apa saja asas penataan ruang?

Dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, penataan ruang diselenggarakan berdasarkan asas:

  • keterpaduan;
  • keserasian, keselarasan, dan keseimbangan;
  • keberlanjutan;
  • keberdayagunaan dan keberhasilgunaan;
  • keterbukaan;
  • kebersamaan dan kemitraan;
  • pelindungan kepentingan umum;
  • kepastian hukum dan keadilan; dan.

Post a Comment for "Pengertian Ruang Kantor"